Selasa, 21 Januari 2014

CIRI-CIRI HEWAN MAMALIA

Beberapa dari mamalia bisa dipelihara, dan sebagian besar tidak karena merupakan hewan liar. Namun ada beberapa prinsip utama yang harus kita ketahui tentang cara-cara hewan ini hidup seperti suhu untuk hidup, cara bereproduksi dan lain sebagainya.

1) Suhu tubuh. Mamalia adalah hewan berdarah panas, artinya hewan-hewan ini memproduksi panas tubuh mereka sendiri. Panas ini akan dibuang jika berlebih dan akan disimpan jika suhu di sekitar mereka lebih rendah dari standar yang dibutuhkan tubuh tersebut. Ini semua agar hewan ini tidak over heating atau kepanasan atau kedinginan. Standar suhu yang bisa diterima oleh seekor mamalia berbeda-beda tergantung spesies dan habitat aslinya.


2) Reproduksi. Sebagian besar mamalia di dunia ini berkembang biak dengan jalan beranak atau melahirkan. Setelah itu mereka menyusui anak mereka dengan kelenjar mamae yang biasanya sudah terisi cadangan makanan untuk anak mereka. Akan tetapi ternyata ada dua jenis hewan mamalia yang berkembang biak dengan bertelur, mereka adalah platipus dan ekidna.


3) Pangan. Untuk makanan mamalia memiliki jenis makanan berbeda-beda tergantung ordo mereka. Untuk ordo karnivora makanan utama mereka adalah daging, mereka merupakan hewan pemangsa dan biasanya posisinya tinggi di piramida makanan. Untuk hewan herbivora di ordo Artiodactyla, mereka rata-rata adalah hewan pemamah biak yang pakan utamanya adalah tumbuh-tumbuhan.


Ciri-ciri Hewan Mamalia
1. Mempunyai kelenjar susu
2. Mempunyai rambut
3. Otot diafragma
4. Jantung beruang 4, bersekat sempurna
5. Sistem syaraf sudah berkembang sangat kompleks
6. Umumnya hidup di daratan, tetapi ada pula yang hidup di air seperti paus, lumba-lumba dan ada yang bisa terbang
7. Pada kulit terdapat kelenjar keringat dan kelenjar minyak
8. Fertilisasi internal
9. Bernafas dengan paru-paru
10. Secara Evolusi mamalia diyakini berasal dari Reptil, namun tidak ada bukti otentik dari bentuk peralihan
11. Zaman Triasic 220 juta tahun yl

12. Morganucodon (15 cm, 50 g)




Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar